Kamis, 29 Oktober 2009

Apa itu Halloween??


Sedikit kita menguak tentang halloween, Halloween adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober di negara-negara berpenduduk bahasa Inggris, dilakukan anak-anak berpakaian aneh yang berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau coklat dengan berkata “Trick or treat!“.

Ucapan “Trick or treat!” merupakan semacam ‘ancaman’ yang berarti “Beri kami (permen) atau kami jahili.” Anak zaman sekarang biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang dianggap pelit dengan cara ‘menghiasi’ pohon yang ada di depan rumah dengan kertas toilet atau menulisi jendela dengan sabun.

Halloween biasanya identik dengan setan, tukang sihir, hantu Goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan lain dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.


  • Halloween berasal dari orang Celt di Irlandia, Britania dan Perancis sebagai tradisi paganisme perayaan musim panen. Di abad ke-19, orang Irlandia dan Skotlandia membawanya ke Amerika Utara.
  • Halloween berasal dari kata Hallowe’en yang merupakan kependekan dari All Hallow’s Eve (malam sebelum hari raya All Hallow) Hari raya agama Katolik bernama Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day) yang dirayakan 1 November pernah dikenal sebagai All Hallows’ Day yang merupakan penyingkatan dari All Hallowed Souls. Dalam bahasa Inggris, kata Hallowed (holy) berarti Orang Kudus.
Dalam Halloween ada ciri khasnya yaitu
Jack-o'-lantern: Ini terbuat dari labu yang dipahat menyerupai wajah yang menyeramkan.
Di Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin atau lampu yang menyala didalamnya supaya di dalam kegelapan Jack-o'-lantern itu menyala menyeramkan. Ini biasanya di pajang di depan rumah atau pintu.
Trick or Treat: Suatu ucapan yang dilontarkan anak anak yang merayakan halloween pada waktu mereka berkeliling dari rumah tetangga ke rumah tetangga yang lainnya dengan memakai kostum kostum yang menyeramkan seperti dracula,goblin,mumi,Frankenstein ataupun setan setan yang lainnya. Adapun Kostum halloween yang dipasarkan di toko toko tertentu

Saya hanya kasih info tentang apa itu Halloween yang sebenarnya
ini adalah budaya orang lain yang tidak perlu kita ikutin di Indonesia
Dengan demikian, kita bisa simpulkan bahwa Halloween pada dasarnya sebuah aktivitas yang tidak sesuai dengan akidah Islam, selain itu (jika ditinjau dari sudut pandang yang sangatlah naif) kita melihat ’slogan’ trick or treat kesannya mengajari anak2 untuk mengancam orang lain.
Kita selaku kaum muslim mesti membentengi akidah diri kita agar tidak terpengaruh dengan budaya-budaya yang bersifat membodohkan seperti ini. Jangan sampai kita mengikuti budaya jahiliyah ini, karena Rasululloh SAW sudah mengingatkan, “Barang siapa melakukan perbuatan yang menyerupai sesuatu kaum itu, maka dia turut termasuk bersama golongan itu.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar