Sabtu, 27 Februari 2010

HOT NEWS : Gempa Bumi 8,8 SR di Chili

Santiago, Chili - besar gempa bumi berkekuatan 8,8 mampu kerusakan luar biasa melanda Chili tengah hari Sabtu, mengguncang modal untuk satu menit dan setengah dan berangkat tsunami. Bangunan runtuh dan saluran telepon dan listrik turun, membuat tingkat kerusakan sulit untuk ditentukan.

Terkena gempa 200 mil (325 kilometer) barat daya ibukota, Santiago, dan pada kedalaman 22 mil (35 kilometer) at 3:34 am (0.634 GMT; 1:34 EST), US Geological Survey melaporkan. Its episenter hanya 70 mil (115 kilometer) dari Concepcion, Chili terbesar kedua kota, di mana lebih dari 200.000 orang tinggal di sepanjang sungai Bio Bio, dan 60 kilometer dari kota ski Chillan, sebuah gerbang menuju resor ski Andes yang dihancurkan dalam gempa bumi 1939.

Bangunan bergetar dan runtuh di Santiago. Dengan saluran telepon turun, konfirmasi kerusakan sulit di tempat lain, terutama lebih jauh ke selatan menuju pusat gempa. Gempa dirasakan di Argentina juga.

Peringatan Tsunami Pasifik Pusat mengeluarkan peringatan bagi Chili dan Peru, dan yang kurang mendesak mengawasi tsunami Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Antartika.

"Pembacaan permukaan laut menunjukkan tsunami yang dihasilkan. Ini mungkin telah merusak di sepanjang pantai di dekat pusat gempa gempa bumi dan juga bisa menjadi ancaman bagi lebih jauh pantai," kata pusat.

Pantai barat Amerika Serikat pusat peringatan tsunami mengatakan tidak mengharapkan tsunami di sepanjang barat Amerika Serikat atau Kanada, tapi masih terus memantau situasi.

Terbesar yang pernah tercatat gempa bumi melanda wilayah yang sama dari Chili pada 22 Mei 1960. Besarnya-gempa 9,5 membunuh 1.655 orang dan meninggalkan 2 juta kehilangan tempat tinggal. Bencana tsunami itu menyebabkan orang membunuh di Hawaii, Jepang dan Filipina dan menyebabkan kerusakan pada pantai barat Amerika Serikat.

(Versi ini mengoreksi deskripsi lokasi untuk pusat Chili.)

Source : Yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar